Jumat, 10 Agustus 2018

Makalah Model Pembelajaran Mind Mapping

Makalah Model Pembelajaran
Mind Mapping

Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Pembelajaran Inovatif




Dosen Pengampuh Mata Kuliah :
Eka Nurmala Sari, S.Pd., M.Pd.


Disusun Oleh :
1. Isnani Fitriana    (1684202048)
2. Iva Zazilah          (1684202015)
3. Zumrotul Auliya' (1684202035)


PROGRAM STUDI :
PENDIDIKAN MATEMATIKA/2016 SORE


SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA
SIDOARJO
2018



A. Pengertian Model Mind Mapping

       1. Tony Buzan (2008: 4)
           Menurut Tony Buzan, mind mapping adalah cara mengembangkan kegiatan berpikir ke segala arah, menangkap berbagai pikiran dalam berbagai sudut. Mind mapping mengembangkan cara berpikir divergen dan kreatif. Mind mapping juga disebut dengan peta konsep merupakan alat berpikir organisasional yang sangat hebat, ini juga merupakan cara termudah untuk menempatkan informasi dalam otak dan mengambil informasi itu saat butuh. Mind mapping dapat membantu dalam berbagai hal seperti merencanakan, berkomunikasi, menjadi lebih kreatif, menyelesaikan masalah, memusatkan perhatian, menyusun dan menjelaskan pikiran, mengingat dengan baik, belajar lebih cepat dan efisien serta melatih gambar keseluruhan.
       2. Caroline Edward (2009: 64)
     Menurut Caroline Edward, mind mapping adalah cara paling efektif dan efisien untuk memasukkan, menyimpan dan mengeluarkan data dari atau ke otak. Sistem ini bekerja sesuai cara kerja alami otak kita, sehingga dapat mengoptimalkan seluruh potensi dan kapasitas otak manusia.
       3. Melvin L, Silberman
       Menurut Melvin L, Silberman, mind mapping adalah cara kreatif bagi peserta didik secara individual untuk menghasilkan ide-ide, mencatat pelajaran atau merencanakan penelitian baru.
       4. Bobby De Porter
     Menurut Bobby De Porter, mind mapping adalah pemanfaatan keseluruhan otak dengan menggunakan citra visual dan grafis lainnya untuk membentuk kesan antara otak kiri dan otak kanan yang ikut terlibat sehingga mempermudah memasukkan informasi ke dalam otak.
       5. Bobby De Porter dan Mike Hernacki (2003: 153)
         Menurut Bobby De Porter dan Mike Hernacki, mind mapping adalah suatu teknik mencatat yang dapat memetakkan pikiran yang kreatif dan efektif serta memadukan dan mengembangkan potensi kerja otak baik belahan otak kanan atau kiri yang terdapat di dalam diri seseorang.

B. Prinsip dan Ciri Mind Mapping

            Mind mapping menggunakan teknik penyaluran gagagsan dengan menggunakan kata kunci bebas, simbol, gambar, dan menggambarkan secara kesatuan dengan menggunakan teknik pohon. Mind mapping ini didasarkan pada detail-detail dan suatu peta pikiran yang mudah diingat karena mengikuti pola pemikiran otak.
          Semua mind map mempunyai kesamaan. Semuanya menggunakan warna. Semuanya memiliki struktur alami yang memancar dari pusat. Semuanya menggunakan garis lengkung, simbol, kata dan gambar yang sesuai dengan satu rangkaian. Aturan yang sederhana, mendasar, alami, dan sesuai dengan cara kerja otak. Dengan mind map, daftar informasi yang panjang bisa di alihkan menjadi diagram warna-warni, sangat teratur dan mudah diingat yang bekerja selaras dengan cara kerja alami otak dalam melakukan berbagai hal. (Buzan, 2005:6)
         Rose dan Malcolm menambahkan strategi visual ini mempunyai beberapa ciri diantaranya sebagai berikut :
  1. Mengingat melalui penglihatan, mengingat kata-kata dengan melihat tetapi perlu waktu yang lebih lama untuk mengingat susunan atau urutan abjad jika tidak disebutkan awalnya.
  2. Jika memberi atau menerima penjelasan arah lebih suka memakai peta/gambar.
  3. Aktifitas kreatif : menulis, menggambar, melukis, merancang.
  4. Mempunyai ingatan visual yang bagus, dimana ketika kita ingat saat meninggalkan sesuatu dalam beberapa hari yang lalu. (Rose, Malcolm, 2006: 77)
           Menurut Buzan, teknik pembuatan catatan dan pengelompokan pikiran yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan seluruh otak yang harus menyertakan tidak hanya kata-kata, angka, rangkaian dan juga garis-garis tetapi juga dengan warna, gambar-gambar, dimensi, simbol-simbol itulah peta pikiran atau mind mapping (Buzan, 2003: 122)


C. Manfaat Model Mind Mapping

      Berdasarkan segi waktu, mind mapping bisa mengefisiensikan penggunaan waktu dalam mempelajari suatu informasi. Hal tersebut terjadi karena metode ini bisa menyajikan gambaran suatu hal secara menyeluruh dalam waktu yang singkat. Berikut ini, beberapa manfaat metode pencatatan menggunakan mind mapping :
  1. Tema utama terdefinisi dengan sangat jelas karena dinyatakan ditengah
  2. Level keutamaan informasi teridentifikasi dengan baik. Informasi yang memiliki kadar kepentingan lebih diletakkan dengan tema utama
  3. Hubungan masing-masing informasi dengan mudah dapat dikenali
  4. Informasi baru dapat segera digabungkan tanpa merusak keseluruhan struktur mind mapping sehingga dapat mempermudah pengingatan
  5. Masing-masing mind mapping sangat unik sehingga mempermudah proses pengingatan
  6. Mempercepat proses pencatatan karena hanya menggunakan kata kunci


D. Jenis-Jenis Mind Mapping

     Berikut beberapa jenis mind mapping diantaranya :
     1. Mind Map Silabus
     Mind Map Silabus atau Mind Map Makro adalah jenis mind mapping yang membantu memberikan gambaran tentang apa yang dipelajari dan biasanya mind mapping ini dibuat dengan ukuran besar dan ditempel di dinding. Berikut contoh mind map silabus :

     2. Mind Map Bab
         Mind mapping ini dibuat berdasarkan masing-masing bab yang telah dipelajari, namun harus diringkas poin penting atau garis besarnya saja untuk mudah mengingatnya. Berikut contoh mind map bab :

     3. Mind Map Paragraf
         Jenis mind map ini dapat memberikan informasi secara lengkap karena selain bisa melihat ringkasan setiap bab, bisa juga mengetahui ringkasan penjelasan. Berikut contoh mind map paragraf. Mind map ini dapat dibuat di buku teks kecil.


E. Langkah-Langkah Metode Mind Mapping (Peta Pikiran)

        Untuk membuat peta pikiran, guru hendaknya menggunakan boploint berwarna dan memulai dari bagian tengah kertas. Kalau bisa, guru menggunakan kertas secara melebar untuk mendapatkan lebih banyak tempat. Kemudian ikuti langkah-langkah berikut :
  1. Tulis gagagsan utamanya ditengah-tengah kertas dan lingkupilah dengan lingkaran, persegi atau bentuk lain.
  2. Tambahkan sebuah cabang yang keluar dari pusatnya untuk setiap poin atau gagasan utama. Jumlah cabang-cabangnya akan bervariasi, tergantung dari jumlah gagasan dan segmen. Gunakan warna yang berbeda untuk tiap-tiap cabang.
  3. Tuliskan kata kunci atau frase pada tiap-tiap cabang yang dikembangkannya untuk detail. Kata kunci adalah kata-kata yang menyampaikan inti sebuah gagasan dan memicu ingatan anda. Jika anda menggunakan singkatan tersebut sehingga anda dengan mudah segera mengingat artinya selama berminggu-minggu setelahnya.
  4. Tambahkan simbol-simbol dan ilustrasi-ilustrasi untuk mendapatkan ingatan yang lebih baik.
          Agar peta pikiran lebih mudah diingat, guru hendaknya memperhatikan beberapa cara berikut ini :
  1. Tuliskan atau ketiklah secara rapi dengan menggunakan huruf-huruf kapital.
  2. Tulislah gagasan-gagagsan penting dengan huruf-huruf yang lebih besar sehingga terlihat menonjol dan berbeda dengan yang lain.
  3. Gambarkan peta pikiran dengan hal-hal yang berhubungan dengan anda. Simbol jam mungkin berarti bahwa benda ini memiliki tenggang waktu yang penting. Sebagian orang menggunakan anak panah untuk menunjukkan tindakan-tindakan yang harus mereka lakukan.
  4. Garis bawahi kata-kata itu. Gunakan huruf tebal.
  5. Bersikaplah kreatif dan berani dalam desain, sebab otak kita lebih mudah mengingat hal yang tidak biasa.
  6. Gunakan bentuk-bentuk acak untuk menunjukkan hal-hal atau gagasan-gagasan tertentu.
  7. Ciptakanlah peta pikiran anda secara horizontal untuk memperbesar uang bagi pekerjaan anda.


F. Kelebihan dan Kekurangan Mind Mapping

                Kelebihan mind mapping
  1. Lebih mudah melihat gambaran keseluruhan
  2. Membantu otak mengatur, mengingat, membandingkan dan membuat hubungan
  3. Memudahkan penambahan informasi baru
  4. Pengkajian ulang dapat dilakukan lebih cepat
  5. Setiap peta memiliki sifat yang unik


                Kekurangan mind mapping
  1. Waktu terbuang untuk mencari kata kunci pengingat, karena kata kunci pengingat terpisah oleh jarak
  2. Waktu terbuang untuk menulis kata-kata yang tidak berhubungan dengan ingatan
  3. Waktu terbuang untuk membaca kembali kata-kata yang tidak penting


G. Kesimpulan

        Konsep mind mapping asal mulanya diperkenalkan oleh Tony Buzan tahun 1970-an. Menurutnya mind map adalah sistem penyimpanan, penarikan data, dan akses yang luar biasa untuk perpustakaan raksasa, yang sebenarnya ada dalam otak manusia yang menakjubkan.
              Mind mapping merupakan teknik penyusunan catatan demi membantu siswa menggunakan seluruh potensi otak agar optimum. Caranya, menggabungkan kerja ootak bagian kiri dan kanan. Metode ini mempermudah memasukkan informasi ke dalam otak dan untuk kembali mengambil informasi dari dalam otak. Mind mapping merupakan teknik yang paling baik dalam membantu proses berfikir otak secara teratur karena menggunakan teknik grafis yang berasal dari pemikiran manusia yang bermanfaat untuk menyediakan kunci-kunci universal sehingga membuka potensi otak.

H. Saran

         Dengan adanya metode Mind Mapping (peta pikiran) diharapkan dapat memperkaya metode dan keaktifan yang dipergunakan guru dalam menerapkan materi ajar kepada peserta didiknya.


DAFTAR PUSTAKA


http://www.pelajaran.co.id/2018/11/pengertian-mind-mapping-manfaat-jenis-cara-membuat-kelebihan-dan-
           kekurangan-mind-mapping-lengkap.html (Diakses pada tanggal 20 Mei 2018)
https://www.kajianpustaka.com/2014/01/pengertian-manfaat-dan-membuat-mind.html (Diakses pada 
          tanggal 20 Mei 2018)
Frey, C. (2010). Power Tips & Strategies for Mind Mapping Software.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar