Kamis, 16 Agustus 2018

Penerapan Problem Posing Di Kelas

Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
     Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
     Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
     Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
     Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
     peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya.
     Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
     Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
     Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
  Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
    Pengertian bilangan bulat
    Pembagian bilangan bulat
    Membandingkan bilangan bulat yang (relatif) besar atau memuat banyak angka
     Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
     Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
     Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
     Pembagian kelompok belajar
 Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

Stimullasi/Pemberian

rangsangan Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic
    Pengertian bilangan bulat
    Pembagian bilangan bulat
    Membandingkan bilangan bulat yang (relatif) besar atau memuat banyak angka
dengan cara :
    Melihat (dengan alat peraga)/
Menayangkan gambar/foto tentang 
    Peserta didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa tentang bilangan bulat

    Mengamati
  Peserta didik diminta mengamati  gambar /foto yang yang terdapat pada melalui penayanganvideo yang disajikan oleh guru seperti gambar dibawah ini :







    Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
      Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
     Pengertian bilangan bulat
     Pembagian bilangan bulat
     Membandingkan bilangan bulat yang (relatif) besar atau memuat banyak angka
    Mendengar
    Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan
     Pengertian bilangan bulat
     Pembagian bilangan bulat
     Membandingkan bilangan bulat yang (relatif) besar atau memuat banyak angka
    Menyimak,
    Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
     Pengertian bilangan bulat
     Pembagian bilangan bulat
Membandingkan bilangan bulat yang (relatif) besar atau memuat banyak angka

Pertanyaan/Identifikasi
Masalah

Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
    Mengajukan pertanyaan tentang :
     Membandingkan bilangan bulatyang (relatif) besar atau memuat banyak angka
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis. Misalnya  mengajukan pertnyaan, seperti :
   Bagaimana cara membandingkan bilangan yang tersusun dari banyak angka?
       ➢ Bagaimanakah pentingnya memahami nilai tempat untuk membandingkan bilangan bulat?

Pengumpulan
Data

Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
    Mengamati obyek/kejadian,
    Wawancara dengan nara sumber
    Mengumpulkan informasi
    Peserta didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
    Membandingkan bilangan bulatyang (relatif) besar atau memuat banyak angka
    Membaca sumber lain selain buku teks,
    Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang
    Membandingkan bilangan bulatyang (relatif) besar atau memuat banyak angka
    Mempresentasikan ulang
    Aktivitas :
    Peserta didik melakukan aktivitas sesuai sesuai buku siswa seperti berikut ini:
Beberapa contoh penyelesaian tentang perbandingan bilangan bulat yang relative besar
    Mendiskusikan
    Mengulang
    Saling tukar informasi tentang  :
     Membandingkan bilangan bulatyang (relatif) besar atau memuat banyak angka
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Pembuktian

Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin,
    taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
    Pengertian bilangan bulat
    Pembagian bilangan bulat
    Membandingkan bilangan bulatyang (relatif) besar atau memuat banyak angka
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.

Menarik
Kesimpulan

Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
   Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
    Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
    Pengertian bilangan bulat
    Pembagian bilangan bulat
    Membandingkan bilangan bulatyang (relatif) besar atau memuat banyak angka
  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
 Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
    Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
    Pengertian bilangan bulat
    Pembagian bilangan bulat
    Membandingkan bilangan bulatyang (relatif) besar atau memuat banyak angka
  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
    Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran

Kegiatan Penutup

Peserta didik :
Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam
  kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
 Mengagendakan pekerjaan rumah.
 Mengagendakan projek yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah
   atau dirumah.
Guru :
Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
 Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik


Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar