Kegiatan
Pendahuluan
Guru :
Orientasi
●
Melakukan pembukaan dengan salam
pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
●
Memeriksa kehadiran peserta didik
sebagai sikap disiplin
●
Menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
● Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya.
●
Mengingatkan kembali materi
prasyarat dengan bertanya.
●
Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
●
Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
● Apabila materi/tema/ projek ini
kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
➢
Pengertian bilangan bulat
➢
Pembagian bilangan bulat
➢
Membandingkan bilangan bulat yang (relatif) besar atau
memuat banyak angka
●
Menyampaikan tujuan pembelajaran
pada pertemuan yang berlangsung
●
Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
●
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
●
Pembagian kelompok belajar
● Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran.
Stimullasi/Pemberian
rangsangan
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada
topic
➢
Pengertian bilangan bulat
➢
Pembagian bilangan bulat
➢
Membandingkan bilangan bulat yang (relatif) besar atau
memuat banyak angka
dengan cara :
❖
Melihat (dengan
alat peraga)/
Menayangkan gambar/foto tentang
➢
Peserta didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang
disajikan oleh guru maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa
tentang bilangan bulat
❖
Mengamati
➢ Peserta didik diminta mengamati gambar /foto yang yang terdapat pada melalui
penayanganvideo yang disajikan oleh guru seperti gambar dibawah ini :
❖
Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
➢ Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau
buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
●
Pengertian bilangan bulat
●
Pembagian bilangan bulat
●
Membandingkan bilangan bulat yang (relatif) besar atau
memuat banyak angka
❖
Mendengar
➢
Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh
guruyang berkaitan dengan
●
Pengertian bilangan bulat
●
Pembagian bilangan bulat
●
Membandingkan bilangan bulat yang (relatif) besar atau
memuat banyak angka
❖
Menyimak,
➢
Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan
secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai :
●
Pengertian bilangan bulat
●
Pembagian bilangan bulat
Membandingkan bilangan bulat yang (relatif)
besar atau memuat banyak angka
Pertanyaan/Identifikasi
Masalah
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab
melalui kegiatan belajar, contohnya :
❖
Mengajukan pertanyaan
tentang :
➢
Membandingkan
bilangan bulatyang (relatif) besar atau memuat banyak angka
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan
untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati untuk
mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan
untuk membentuk pikiran kritis. Misalnya
mengajukan pertnyaan, seperti :
➢ Bagaimana cara membandingkan bilangan yang tersusun dari
banyak angka?
➢ Bagaimanakah pentingnya memahami
nilai tempat untuk membandingkan bilangan bulat?
Pengumpulan
Data
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
❖
Mengamati obyek/kejadian,
❖
Wawancara dengan nara sumber
❖
Mengumpulkan informasi
➢
Peserta didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari
berbagai sumber tentang
❖
Membandingkan bilangan bulatyang (relatif) besar atau memuat
banyak angka
❖
Membaca sumber lain selain buku teks,
➢
Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan
membaca buku referensi tentang
❖
Membandingkan bilangan bulatyang (relatif) besar atau memuat
banyak angka
❖
Mempresentasikan ulang
❖
Aktivitas :
➢
Peserta didik melakukan aktivitas sesuai sesuai buku siswa
seperti berikut ini:
Beberapa
contoh penyelesaian tentang perbandingan bilangan bulat yang relative besar
❖
Mendiskusikan
❖
Mengulang
❖
Saling tukar informasi tentang :
➢
Membandingkan
bilangan bulatyang (relatif) besar atau memuat banyak angka
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh
sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat.
Pembuktian
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari
solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada
yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin,
❖
taat aturan, kerja keras, kemampuan
menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam
membuktikan :
➢
Pengertian bilangan bulat
➢
Pembagian bilangan bulat
➢
Membandingkan bilangan bulatyang (relatif) besar atau memuat
banyak angka
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas
jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Menarik
Kesimpulan
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
❖ Menyampaikan hasil diskusi berupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media
lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir
sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
❖
Mempresentasikan hasil diskusi
kelompok secara klasikal tentang :
➢
Pengertian bilangan bulat
➢
Pembagian bilangan bulat
➢
Membandingkan bilangan bulatyang (relatif) besar atau memuat
banyak angka
❖ Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
❖ Bertanya atas presentasi yang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
❖
Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan
secara tertulis tentang
➢
Pengertian bilangan bulat
➢
Pembagian bilangan bulat
➢
Membandingkan bilangan bulatyang (relatif) besar atau memuat
banyak angka
❖ Menjawab pertanyaan yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
❖
Bertanya tentang hal yang belum
dipahami, atau guru melemparkan beberapa
pertanyaan kepada siswa.
Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Kegiatan
Penutup
Peserta
didik :
●Membuat resume dengan bimbingan guru
tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan.
● Mengagendakan pekerjaan rumah.
● Mengagendakan projek yang harus
mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah
atau dirumah.
Guru
:
●Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai
langsung diperiksa. Peserta didik yang
selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor
urut peringkat, untuk penilaian projek.
● Memberikan penghargaan kepada
kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung,
guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin,
rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab,
rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar